“Signing Ceremony” IFSMA dengan PKTK3 dan DRRC Universitas Indonesia

Selasa 03 September 2019 telah diadakan acara penandatanganan kerjasama antara IFSMA dengan Pusat Kajian dan Terapan K3 dan Disaster Research and Response Center, Universitas Indonesia.

Dalam kegiatan Bapak Jon Vendri selaku Kepala Bagian Pencegahan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, memberikan sambutan dan apresiasinya terhadap kerjasama ini, selanjutnya beliau mengatakan bahwa IFSMA merupakan wadah bagi para Fire Safety Manager (FSM) yang ada dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan FSM nya. Selain itu kehadiran IFSMA dapat mendorong gedung-gedung yang belum memiliki FSM. Karena pada prinsipnya FSM merupakan mitra Dinas Gulkarmat Provinsi DKI jakarta.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini Dinas gulkarmat akan memfasilitasi forum komunikasi kebakaran karena hal ini sudah diamanatkan dalam PERGUB 08 tahun 2008 dengan menghadirkan pedoman teknis bagi wilayah-wilayah di DKI Jakarta. Jon mengatakan masalah kebakaran di jakarta baiknya “dikeroyok rame-rame” oleh karenanya dengan adanya MoU IFSMA, PKTK3 dan DRRC UI diharapkan dapat membantu Dinas Gulkarmat.

Hal senada juga disampaikan oleh Prof. dra. Fatma Lestari M.Si, PhD. dalam sambutannya mewakili PKTK3 UI, sebagai perguruan tinggi akan membantu dalam hal penelitian dan penerapan keilmuan sehingga secara langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. selain itu Prof. Fatma berharap MoU ini bisa membawa pada kerjasama pada kajian resiko keselamatan kebakaran, inspeki, audit dan juga pelatihan terkait Fire Safety.

Turut memberikan sambutan juga bapak Peter P. Petrus ketua Indonesian Fire and Rescue Foundation, bahwa perkembangan FSM dinegera kecil seperti singapur sudah mencapai 9000 FSM, sehingga IFSMA merupakan asosiasi yang sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.